Berjalan Lancar, Kirab Pusaka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kabupaten Ponorogo

  • Bagikan

Foto : Kirab Pusaka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kabupaten Ponorogo,Sabtu (30/9/2023).

PONOROGO I Satpolpp.ponorogo.go.id – Rombongan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya telah tiba di Kabupaten Ponorogo, dan di sambut oleh Bupati Sugiri Sancoko yang di wakili oleh Sekretaris Dearah (Skda) Agus Pramono. Bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo, Sabtu (30/9/2023).

Kirab Pataka ini termasuk rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) puncaknya pada 12 Oktober 2023 mendatang.

Selain Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ponorogo, Agus Pramono, rombongan dari Satpol PP Kota Madiun juga di sambut Kasatpol PP Ponorogo, Joko Waskito beserta jajaran di Pendopo Kabupaten Ponorogo. Dalam penyambutan tersebut, rombongan di sambut penampilan kesenian Reog Ponorogo.

Rombongan kirab dari Kota Madiun ini membawa bendera Merah Putih, lambang Pemenrintah Daerah (Pemkab) Provinsi Jawa Timur ‘Jer Basuki Mawa Beya’, bendera lambang Satpol PP Praja Wibawa, lambang Perlindungan Masyarakat, lambang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Yudha Bramajaya, dan lambang Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Upacara penyambutan Kirab Pataka ini diikuti oleh perangkat daerah seperti Satpol PP, Damkar, BPBD, Linmas, Dishub, dan Polri/TNI.

Kepala Satuan Polisi Pomong Praja (Kasatpol PP) Kota Madiun, Sunardi Nurcahyono mengatakan, bahwa Kirab Pataka ini dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-78 Jawa Timur.”Kami mengirimkan beberapa kendaraan untuk mengikuti kirab Jer Basuki Mawa Beya. Dari Madiun ke-Ponorogo,” jelasnya.

Ia juga berharap, dengan adanya kirab ini dapat mempererat kolaborasi dan sinergitas dengan konsep kegiatan kirab secara estafet.”Kita harapkan kerja sama yang baik dalam rangka meningkatkan layanan kita untuk masyarakat. Bersatu padu menuju Jatim yang maju, mendunia, dan sejahtera,” pungkasnya.

Setelah menerima Pataka, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Ponorogo, Joko Waskita mengungkapkan hari ini Pemkab Ponorogo secara resmi menerima kirab pataka Jer Basuki Mawa Beya Provinsi Jawa Timur.

“Ponorogo menjadi titik ke-9 Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dan besok akan di berangkatkan di Kabupaten Pacitan,” kata Joko Waskita.

Sesuai data, Kirab Pataka JBMB adalah rangkaian pertama di dalam semua rangkaian peringatan ke-78 HUT Pemprov Jawa Timur yang diberangkatkan pada Sabtu 23 Sptember 2023 malam oleh Gubernur Jatim Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya kemudian menuju Kabupaten/Kota se –wilayah Provinsi Jatim.

Sesuai rencana, pada 11 Oktober 2023 tim kirab telah sampai kembali di Gedung Negara Grahadi untuk selanjutnya mengikuti upacara peringatan hadi jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2023.

  • Reporter : Madia Center.
  • Bagikan